Daily Snippet

Paradigm shift

Saya sedikit punya kesempatan membaca Seven Habits Of Highly Effective
People. Dan hanya tertarik dengan contoh kasus nyata tentang paradigm
shift. Paradigm shift ini mungkin maksudnya adalah a look at from a
new perspective.
Saya bukan penghapal tapi kira-kira ceritanya seperti ini. Suatu hari
sang penulis menaiki kereta komuter. Kereta yang sangat tenang,
orang-orang ada yang berdiri, duduk sambil berbincang, melamun, tidak
ada kegaduhan. Sampai tiba di suatu stasiun naiklah seorang pria
dengan kedua anak kecilnya. Anak-anak kecil itu mulai membuat gaduh,
berkelahi, mengganggu penumpang lain, tapi banyak penumpang yang hanya
bisa mengeluh di dalam hati, memandang sinis dan mungkin berpikiran
buruk. Tidak terkecuali sang penulis. Ayahnya hanya duduk diam seperti
tidak ada apa-apa yang terjadi. Dan tidak ada yang berusaha
mengingatkan ayah kedua anak tersebut.
Sampai akhirnya sang penulis berkata kepada sang Ayah, “Tuan, bisakah
tuan menenangkan anak-anak anda?, mereka mengganggu penumpang yang
lain.” “Oh ya benar, kurasa aku harus melakukan sesuatu”, sambil
menyadari kalau selama ini dia tidak memperhatikan anak-anaknya. “Kami
baru saja dari rumah sakit dan anak-anak itu baru saja kehilangan
Ibunya yang meninggal.”.
Sampai disini penulis baru bisa merubah cara berpikirnya. Tidak
berpikiran buruk lagi seperti semula. Dan mulai bersimpati. Penumpang
lainpun juga tampak mulai menyadari apa yang terjadi. “Oh maaf Tuan,
saya turut berduka cita”. “Apa ada yang bisa saya bantu?.”.
“Aku tidak tahu harus berbuat apa, dan tampaknya anak-anakku juga
tidak tahu bagaimana mengekspresikan kesedihan mereka.” kata sang
Ayah. “Tapi tentu saja aku akan menenangkan mereka.”.
Standard

Leave a Reply

