Daily Snippet, Islam

Fenomena di bulan Ramadhan

Telah diketahui bersama jika memasuki bulan penuh berkah dan rahmat ini, yaitu bulan Ramadhan, masjid-masjid akan mengadakan ta’jil atau berbuka bersama. Tidak hanya orang yang membutuhkan buka puasa, tapi juga orang-orang yang sudah dimasakkan makanan – makanan yang lezat di rumah-rumah mereka. Oleh Ibunya, atau istrinya, atau sanak saudaranya, tapi mereka malah lebih senang berbuka di masjid.

Memang tidak mengapa jika untuk membatalkan puasa dengan seteguk air atau sejumlah korma, tapi setelah shalat maghrib alangkah baiknya jika kita memakan makanan yang telah dimasak anggota keluarga kita.

Akan sangat disayangkan jika kita tidak memilih siapa yang akan mendapat pahala yang sama dengan puasa kita. Oh ya, tentu saya akan pilih memakan masakan Ibu saya agar Ibu saya InsyaAllah mendapat pahala yang sama dengan saya yang berpuasa.

Ingat, tangan di atas selalu lebih baik daripada tangan dibawah. Lebih baik kita menjadi orang yang menyumbang ke masjid tersebut makanan, kurma, nasi bungkus, minuman segar, atau buah-buahan.

Rasulullah Shalallahu’alaihi wasallam bersabda. “Artinya : Barangsiapa yang memberi buka orang yang puasa akan mendapatkan pahala seperti pahalanya orang yang berpuasa tanpa mengurangi pahalanya sedikitpun” [Hadits Riwayat Ahmad (4/144,115,116,5/192) Tirmidzi (804), ibnu Majah (1746), Ibnu Hibban (895), dishahihkan oleh Tirmidzi.]

Dan seringkali kita lupa, cuek, atau malah tidak bersyukur kepada Allah. Kita lupa untuk mendoakan orang yang memberi kita makan untuk berbuka. Kita bisa mendoakan mereka dengan doa-doa yang diajarkan Nabi Shalallahu’alaihi wasallam.

Artinya : Ya Allah, berilah makan orang yang memberiku makan, berilah minum orang yang memberiku minum” [Hadits Riwayat Muslim 2055 dari Miqdad]

Artinya : Ya Allah, ampunilah mereka dan rahmatilah, berilah barakah pada seluruh rizki yang Engkau berikan” [Hadits Riwayat Muslim 2042 dari Abdullah bin Busrin]

Tulisan ini terutama saya tulis sebagai penyemangat bagi diri pribadi dan kita sekalian muslimin muslimat untuk berbagi kepada sesama.

Standard

One thought on “Fenomena di bulan Ramadhan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s