Daily Snippet, Islam

Siapa yang bisa menyelamatkan kita di akhirat kelak?

Dari sebuah kajian ustadz Thoyib telah sampai berita dari Ampel, bahwa jika ada seorang Habib (istilah umum di negeri kita untuk seorang keturunan Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam) yang meninggal, maka tanah di sebelah kuburannya akan diperjual belikan.

Tujuannya yaitu karena mereka percaya sang Habib tadi dapat menyelamatkan orang-orang yang berada di dekatnya, baik itu keluarga, saudara, teman bahkan orang-orang yang dekat dengan kuburannya dari pengadilan Allah. Naudzubillah.

Padahal Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam sendiri tidak bisa menyelamatkan putrinya sendiri, Fatimah, dari siksa Allah. Apalagi kita yang hanya manusia biasa. Hanya amal, sedekah dan doa anak sholeh yang bisa menambah pahala kita, dan membantu kita dalam hisab di akhirat kelak.

Abu Hurairah berkata: “Ketika Allah menurunkan ayat Wa andzir ‘asyiaratakatul aqrabin (peringatkanlah kerabat-kerabatmu yang terdekat), Rasulullah saw. berdiri lalu berkata: ‘Hai orang-orang Quraisy, belilah diri kalian, aku tidak bisa membantu kalian dari siksa Allah sedikit pun. Hai Bani Abdi Manaf, aku tidak bisa membantu kalian dari siksa Allah sedikit pun. Wahai Abbas bin Abdul Muttalib, aku tidak bisa membantumu dari siksa Allah sedikit pun. Wahai Shafiyyah, bibi Rasulullah, aku tidak bisa membantumu dari siksa Allah sedikit pun. Wahai Fatimah binti Muhammad, mintalah sesukamu uang/hartaku, tetapi aku tidak bisa membantumu dari siksa Allah sedikit pun.'” (HR Bukhari dan Muslim).

Standard

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s