Daily Snippet, Developer to developer

Little note for my Acer P193w LCD monitor and Advance TV Tuner for LCD

IMG 0030

Setelah melihat beberapa review dan forum di OprekPC akhirnya saya putuskan untuk membeli LCD Acer X193w 19″ Wide, dengan harga sekitar 2.17 juta. Sebelumnya tertarik dengan seri LCD GTC Primera LD900 karena harganya yang lebih miring (1.9 juta). Dan juga karena menurut ‘bisikan’ teman saya yang baru saja dibelikan LCD GTC oleh kantor, GTC itu bandel, awet.

Tapi setelah saya lihat contrast ratio GTC ternyata masih kalah dengan Acer. Contrast ratio GTC 500:1, sementara Acer 2000:1. Saya hanya melihat contrast ratio karena memang penggunaan utama tidak untuk PC tapi untuk multimedia🙂 dan nonton TV di rumah. Nonton TV pake’ LCD lebih hemat listrik karena maximum Watt-nya cuma 48 Watt. Contrast ratio yang lebih tinggi menjanjikan warna yang lebih baik. Itu sebabnya LCD TV support HD juga menggunakan contrast ratio yang tinggi, minimal 4000:1.

Untuk response time GTC 8 ms, sedangkan Acer 5 ms. Response time yang baik sangat terasa kebutuhannya jika kita bermain games.

Setelah tiba di Acer Waringin THR Surabaya, saya langsung menanyakan spesifikasi X193w ke salesnya, siapa tahu ada yang saya lewatkan. Tapi mas sales menawarkan pilihan “mau ini (X193w) atau yang lebih bagus?”. “Ada emang mas?”. “Ada, udah CrystalBrite”. Wah, kaya’ laptop dong. Mas sales-nya langsung menunjukkan P193w. Wow, I can see my self in that screen. Tidak seperti X193w yang layarnya masih TFT dan warnanya item dop. Warnanya pun bisa “keluar”. Setidaknya itu komentar pertama bodoh saya.

“Harganya?”. “Selisih 400 ribu sama X193w, jadi..2.5 juta”. “Hmmm….”(agak mikir-mikir). Tapi saya pikir saya akan menggunakannya untuk waktu lama jadi tidak mengapa jika harus keluar duit extra. Selain itu juga post-sales Acer bagus.

Mas sales-nya pun membanding-bandingkan Acer dengan LG dan Samsung. Dengan spek yang sama, produk lain lebih mahal. OK deeh “Berapa mas pas-nya?”. Setelah tung-itung-itung “2.45…kasih daah”,🙂 ga ada kok kasih dah-nya. “2.4 pas deh”. Tung-itung-itung lagi…”Ya udah”. OK..Packing.

Next..TV Tuner. Muter-muter sambil bawa LCD, capek, ga’ ketemu juga, ya udah kapan-kapan beli di Chip Nginden aja. Dan akhirnya ke-beli juga. TV Tuner Advance for LCD Monitor dengan maximum resolution 1440×900, frequency 60Hz.

IMG 0031IMG 0034

Kualitas gambar dan suaranya lebih baik daripada TV Tuner USB E-Pro saya. Colokannya lengkap, ketika sedang bekerja di PC atau laptop kita juga bisa melihat TV walaupun gambarnya kecil.

Tags: ,

Standard

2 thoughts on “Little note for my Acer P193w LCD monitor and Advance TV Tuner for LCD

  1. Om… gue punya LCD P193w juga neh baru aja di beli… Tapi gue sambungkan ke Laptop gue agar men jadi extrenal monitor coz Laptop Lenovo Y400 gue kurang luas rasanya..

    Tapi gue mengalami kendala… nyalanya sebentar aja gak sampai 3 detik kemudian gelap… lampu powernya tetap biru dan itu menandakan VGA in udah masuk… tapi layar gak keluar juga… Gue test turn-off tuh LCD… then Turn-On lagi.. 3 detik nyala.. then gelap lagi kenapa ya???

    Gue coba utak atik Driver NVidia GeForce Go 7300 yang di pake di laptop, ampe di tuker herz nya ke 80 juga ngak ngaruh… gue coba cari driver… LCD nya… gue hanya nemu, “P193W Vista WHQL Driver.zip”. sepertinya itu untuk vista, sedangkan gue pake Seven (7)… tapi gue coba juga.. coz vista dan 7 code driver nya hampir sama…. gak ngaruh juga..

    kalo om punya solusi… please kabarin ya lewat email.. tks dah sebelumnya…🙂

    • Hmm selama ini saya belum pernah mengalami masalah itu mas. Saya kemarin menggunakan Win XP. Coba pinjem laptop temen mgk yg ada win xp-nya mas Syabiz.
      Sekarang ini saya pakai Ubuntu 11.10 juga tidak ada masalah, tetep nyambung ke TV LCD Sharp.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s