Daily Snippet, Developer to developer

Playing by ocx

Masalah hari ini, dan selalu akan menjadi masalah yaitu mengenai ocx. Kami bekerja dalam satu tim dan mengakses source code yang sama, di VSS yang sudah terintegrasi di VS 2005.

Masalahnya ketika salah satu komputer dalam tim kehilangan reference salah satu ocx, maka untuk mengembalikan interop dan Ax dari ocx kami harus menghapus Ax dan interop lama dari reference kemudian membuat form baru. Setelah itu add component dari Toolbox. Baru Ax dan interop secara otomatis dibuat oleh tool .Net. Ax dan interop itu adalah wrapper agar ocx bisa bekerja di .Net.

Dalam proses penambahan reference tadi tentu saja project harus di-check out. Setelah di-check in dan masuk dalam VSS, tentu anggota tim lain me-refresh project dengan fasilitas Get Latest dari VSS, disinilah masalah timbul. Path interop dan Ax tidak sama dengan komputer lain yang membuat wrapper tersebut.

Akhirnya saya mencoba sendiri solusi yang mungkin terbaik untuk sementara, untuk tim tentunya. Saya hanya akan bekerja dengan Ax dan interop. Karena keduanya tipenya dll, pokoknya jauh-jauh deh dari ocx. Dan akan saya taruh dalam satu folder yang pathnya akan selalu sama di setiap komputer. Itu pekerjaan yang mudah.

Kemudian bagaimana cara add component ocx melalui designer?. Saya tidak akan mencarinya di toolbox kemudian choose item, karena itu tidak akan berhasil. Saya tinggal membuat kode-kode standar meletakkan komponen di form setelah itu saya coba di designer. Dan…berhasil. Saya sama sekali tidak bersentuhan dengan ocx.

 

Tags: , ,

Standard

Leave a Reply

