Daily Snippet, Developer to developer

Training..yuuk

Is there good reason to move to Jakarta?. Itu pertanyaan untuk saya sendiri. Retorik?, mungkin, yang jelas untuk saya yang tidak pernah hidup disana lebih dari 3 hari, jika tidak ada banjir dan macet yang luar biasa, Jakarta it’s a nice place. Untuk bekerja dan belanja, sebagai kuli koding tentunya. 

Saya dan seorang teman ke Jakarta akhir Januari kemarin untuk training ASP .NET 2008, tawaran dari kantor, yang sering ya bos he…he. Pertama kaget juga, karena pengalaman saya di ASP ngga’ ngelontok a.k.a di luar kepala. Proyek yang saya buat beberapa waktu kemarin juga tidak saya buat dari nol. Hanya belajar menggunakan komponen yang sudah ada. Sekedar query dan binding. Selebihnya, komponen do the dirty work.   

Sebelum berangkat dari Surabaya sempat khawatir juga karena cuaca yang tidak bersahabat. Hujan, plus awan yang iteem banget. Tapi penerbangannya tepat waktu. Baru kali ini saya terbang dengan cuaca yang tidak bersahabat.

Untuk pertama kali pula saya menginjakkan sepatu di Cengkareng. Waah..ternyata lebih bagus Juanda. Tidak seperti yang saya lihat di TV. Baru setelah tiba di Surabaya saya tahu apa yang bikin Juanda lebih bagus dari Sukarno-Hatta.

Masalah kapasitas yang melebihi batas, yang seharusnya bisa menampung sampai tiga juta penumpang per bulan tetapi kenyataannya disesaki dengan 11 juta penumpang. Setelah ada alternatif Halim-pun sepertinya masih tidak cukup. Dan yang paling kelihatan adalah usia. Juanda jelas kelihatan kinclong karena masih baru.

Tapi untuk kedatangannya setidaknya Cengkareng tau aja kalo penumpang pasti butuh toilet. Ya, toilet adalah fasilitas bandara yang pertama kali saya temukan. Next mission is find taxi. One of my friend suggest me-before I go-to “Use Blue Bird!”. “Why?” tanyaku. Maaf temanku tapi jawabanmu kurang memuaskan. 

Tapi akhirnya kami mencari Blue Bird juga. Yang kami lihat pasti yang biru-biru. Tapi kok ga ada yang tulisannya Blue Bird ya?. Adanya Pusaka titik-titik, terus … wah sudah lupa, yang jelas karena di Surabaya-pun jarang naik taxi jadi ga tau kalo ternyata Blue Bird Group punya banyak nama. Dasar katro’🙂. Setelah setengah jam penuh dengan ke-katro’an akhirnya kami memilih Taxiku. Sebelum berangkat, petugas bandara memberi kertas berisi penilaian terhadap pelayanan taxi bandara.

Di dalam taxi yang gelap saya mulai melihat sekeliling. Oo ternyata ada stiker berisi “gratis bayar tol”. Kira-kira demikian. Tapi kok masih ditarik juga sama supirnya?. Saya diam saja, toh biaya transport ditanggung kantor. Kalo perjalanan pribadi saya pasti langsung protes.

Next..langsung ke training, kami diajar oleh Agung Riyadi. Salah satu evangelist Microsoft. Poin yang menarik bagi saya adalah apa yang baru dari ASP 2008 dan IDE-nya?. Meskipun saya tidak pernah mengeksplor jauh tentang versi 2003 dan 2005 tapi setidaknya saya pernah membaca sedikit.

Beberapa yang baru adalah komponen ListView dan DataPager. Untuk komponen Ajax juga sudah include di IDE 2008 ini, seperti UpdatePanel dan UpdateProgress. Di versi sebelumnya untuk Ajax harus install terpisah. Seperti Ajax Pro, Atlas, Anthem, dan lain-lain. Kami juga dikenalkan dengan LINQ. Penggunaannya juga sangat mudah. Misal kita mempunyai ListView yang sudah terkoneksi ke database, kita tinggal menaruh tag ListView ke dalam tag UpdatePanel. Jadi ListView tadi sudah ‘Ajax’. Tapi tidak semua komponen bisa menggunakan UpdatePanel. 

Saya sebelumnya pernah membaca, tapi tidak pernah mencoba. Maklum jika tidak ada di requirement proyek, tidak ada inisiatif mencoba. LINQ yang saya kenal ternyata tidak sekedar bisa query ke database saja tapi juga bisa men-query Collection. Sintaks query ke database dan Collection pun sama. Menyenangkan juga Microsoft sudah ber-entity ria seperti Hibernate. Kita tinggal drag and drop, otomatis class entity kita digenerate. Jadilah Data Layer. Di Business Layer kita tinggal mengolah sesuai keinginan.

Setelah itu ada DataService. Menurut saya mirip Web Service, hanya data yang digenerate dari drag and drop tadi bisa kita query melalui alamat URL. Saya belum mengetahui kegunaannya, tapi kata Pak Agung dia sedang konsentrasi dengan teknologi ini di perusahaannya, BataviaSoft. 

  

  

  

  

Standard

2 thoughts on “Training..yuuk

  1. maswewe says:

    wah mas anang ini programmer ASP.Net ya? kerja di perusahaan mana mas? salam kenal sesama database programmer.. jadikan indonesia more brainy by a code! peace..

    • anangbakti says:

      Salam kenal juga maswewe.
      Saya ini kadang ngoding asp.net, kadang desktop app, kadang GIS app pake ArcMap 9.2.
      Kerja uda 3 thn di IAO
      Ok..hidup progie indonesia!!. Ganbate

Leave a Reply

