Daily Snippet

Balik Surabaya, ah … banjir mana-mana

Perjalanan balik dari Madiun ke Surabaya tidak saya lalui menggunakan motor. Masih ujan euy, walaupun cuma kletik takutnya di jalan deres lagi, takut banjir juga, ato ada kecelakaan, pohon tumbang, resiko deh. Akhirnya naik bis, motor saya tinggal di rumah. Di bis orang-orang pada terheran-heran dengan ketinggian kali Bengawan Solo yang memang luar biasa.

Saya juga baru tahu imbasnya. Kali-kali kecil yang bermuara ke bengawan tidak dapat mengalirkan airnya. Akhirnya di sekitar bengawan jadi banjir. Kota Madiun-pun terkena imbasnya. Bahkan Ibu saya yang lebih lama tinggal di Madiun belum pernah melihat banjir seperti ini. Geleng-geleng, apakah karena illegal logging?.

Benar yang saya feeling-kan, halah. Kota Jombang terkena banjir karena tanggul yang jebol. Tepatnya sebelum masuk kawasan pasar Jombang yang baru saja terbakar beberapa bulan kemarin. Sungai-sungai yang sempat dilewati memang ketinggiannya lebih dari biasanya. Lalu lintas yang menuju arah Madiun, macet dari Jombang sampai Trowulan. Alhamdulillah perjalanan ke Surabaya lancar.

Standard

Leave a Reply

