Daily Snippet

Perjuangan konco plek [Part1]

Karena udah deket hari Pahlawan, GMHR, salah satu acara radio di Surabaya punya acara mengundang konco plek-nya menceritakan arti perjuangan versi mereka. Nanti penelepon bisa mendapatkan hadiah dari para sponsor.

Salah satu penelepon adalah Ari. Dia menceritakan perjuangannya membanting tulang dalam mencari sesuap nasi. Dimulai ketika beberapa bulan sebelum dia menikah, nasibnya kurang beruntung. Usahanya mengalami kebangkrutan total. Tapi, toh dia tetap menikah, karena undangan udah banyak tersebar.

Dari seorang pengusaha dia kembali ke titik balik menjadi penjaga Game Centre. Upahnya cuma Rp. 350.000,-. Uang itu digunakan untuk bulan-bulan pertama mereka menikah. Si penyiar Kak Ipan bertanya, "Kamu kasih makan apa istrimu Ri’..Ri’?".

Ari waktu itu juga sadar dengan kondisinya. Dia malah menyuruh istrinya untuk meninggalkan dia daripada hidup sengsara. Tetapi sang istri tidak keberatan dengan kondisi seperti itu. "Ya, kita jual-jual apa gitu Mas.", jawab sang istri. Ari sampe nangis-nangis dengan sikap istrinya itu.

Dego, penyiar satunya lagi bertanya "Lho istrimu itu dari kalangan berada ta Ri’?". "Engga’ sama kok, emang sengaja nyarinya yang biasa-biasa aja, biar bisa diatur(sambil tertawa terbahak-bahak)".  

Perjuangannya sepertinya dia lakukan dengan suka hati. Perjalanan jalan kaki dari Jagir sampe Perak jam 2 malem pernah dia lakoni. "Abis nyari angkot ga dapet-dapet." tuturnya. Untuk perjalanan yang jauh seperti itu memang butuh beberapa kali ganti angkot.

Enam bulan kemudian istrinya pun mendapat pekerjaan. Gajinya Rp. 650.000,-. "Mangane ganti wis, dulu tempe penyet sekarang sosis", kata Ari. Iya, kan tinggal lhep.

Setelah perjalanan panjang itu sekarang kehidupannya agak lumayan. Mempunyai bisnis sewa mobil bareng teman-temannya dan sebuah kounter isi ulang pulsa. 

Konco plek yang satu lagi adalah Budi. Tapi kerja dulu aah sebelum nyambungin ceritanya.

Standard

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s