Daily Snippet

Stuck for 3.5 hrs in Saradan

Biasanya saya hanya melihat kemacetan sepanjang berkilo-kilo cuman waktu lebaran aja, tapi akhir pekan kemarin saya mengalaminya, panik, menikmatinya, dan … tidur. Perjalanan Surabaya-Madiun yang biasanya ditempuh paling lama 4 jam naik bis Sumber Kencono, membengkak menjadi 8 jam!. Bis mulai berhenti total tepat di ringroad Saradan. Waktu itu mungkin sekitar jam setengah sepuluh malam.

Apa yang terjadi?. Hasil curi-curi dengar saya (bukan curi-curi sih, orang dia ngomongnya loud and clear, plus bis mesinnya lagi dimatikan) dari salah seorang wanita penumpang bis yang sedang menelpon, tampaknya ada truk yang terguling. Masih di kawasan Saradan juga.

Then what should I do?. Tidur ga bisa. Laper, berangkatnya belum makan malem, haus pisan, ga bawa aqua. Panik deh. Qodarullah, bis berhenti tepat depan sebuah warung. Setelah beli aqua dan roti, tenang deh bisa tidur sambil nunggu bis jalan lagi.

Ada lagi yang membuat tak tenang. Saya duduk bersebelahan dengan wanita. Bukan muhrim. Tapi kalau udah gini mau gimana ya?. Tempat duduk lain juga udah penuh. Ya udah bertakwa aja semampunya. Tidur.

Akhirnya jam 1 pagi bis mulai perlahan-lahan merayap. Perjalanan pun diteruskan. Alhamdulillah. Bis pun mulai melewati lokasi truk yang terguling tersebut. Rupanya truk tebu. Terlihat dari sisa-sisa tebu yang t’lah dipinggirkan di sisi jalan. Ada juga truk kuning yang telah penyet bagian depannya. Seluruh penumpang sepakat, "mungkin sopirnya meninggal".

Jam setengah 3 pagi sampai di rumah. Rupanya keluarga dari Bandung juga baru datang jam setengah 11. Jam setengah 4 adik saya menyusul. Rupanya dia juga terkena macet di ring road Saradan. Tapi kami tidak berangkat sama-sama. Dia menceritakan baru saja melihat 1 kecelakaan lagi di tikungan Bagi Madiun. Sebuah minibus terguling. Mungkin karena berbelok dengan kecepatan tinggi.

Ya itu saja ceritanya, saya pun menunggu waktu subuh tiba. Setelah itu?. Ya tidur lagi deh.

Standard

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s